BATU KORAL SIKAT DAN PEMASANGANNYA

Batu Koral merupakan batu alam krikil yang cara pemasangannya di tebar pada taman atau lantai garasi rumah yang berfungsi mencegah lantai dari licin dan menambahkan nuansa keindahan lantai di dalam maupun di luar rumah. tidak banyak juga yang mengaplikasikan batu koral sebagai alat pijat refleksi pada kaki karena permukaan lantai koral sikat dibuat lebih menonjol.

bahannya dari batu koral hias dan memiliki keanekaragaman bentuk dari yang kecil hingga yang besar, halus dan kasar hingga yang memiliki warna yang warna-warni. tetapi semua jenis koral sikat sama menariknya jika kita menggunakannnya dengan tepat. perlakuan pemasangan terhadap batu koral sikat ada 2 yang sering di aplikasikan pada rumah atau bangunan anda. pertama di tabur atau ditebar, artinya koral sikat hanya di taburkan atau ditebarkan  pada temapat yang telah di buat oleh tukang profesional, yang paling sering diaplikasikan dilakukan di taman dengan cara di tebar sesuai keinginan. tetapi sekarang ini koral sikat juga bisa ditaburkan dilantai dalam rumah sebagai bagian dari hiasan interior rumah. Kedua, ditempel dengan semen hingga membentuk motif. karena membuatnya ditempelkan pada adukan semen maka kemudian setelah koral sikat tertempel dan agak kering disikat dengan sikat baja supaya sisa-sisa semen yang menutupi bagian koral sikat bisa hilang. koral sikat yang menempel dan menyatu dengan adukan dapat digunakan sebagai lantai carport, teras, bahkan dinding rumah.

Jenis Koral Sikat
Jenis koral sikat ada banyak, dari putih kupang atau putih biasa, putih italy atau putih super, batu merah balian, merah biasa, merah super, Hitam biasa, Hitam alor, dll. harganya pun bervariasi sesuai dengan ukuran jenis koral, kwalitas koral.

Cara Memasang Koral Sikat
1. Persiapkan Media, medianya bisa berupa lantai bangunan atau rumah seperti lantai carport, lantai teras, lantai halaman belakang, lantai tangga, ornamen kamar mandi.

2. Membuat Motif yang di inginkan, membuat motif koral sikat biasanya menggunakan kayu range, triplek tipis, besi atau bisa juga menggunakan sterofome.

3. Adukan Semen, perbandingan semen dengan pasir adalah 1:1. aduk hingga merata supaya hasilnya bisa maksimal.

4. Masukan adukan, taburkan adukan, ratakan dan padatkan. supaya dasar dari koral sikat lebih kokoh.

5. Menata Koral, stelah adukan sudah diratakan ke bidang cetakan, selanjutnya kita tata koral sikat hingga membentuk cetakan yang di inginkan. mulai dari sudut-sudut tepi sampai kemudian berlanjut ke bagian tengah, kemudian tekanlah koral secara bersamaan agar hasil permukaan koralsikat merata. gunakan papan triplek atau papan kayu untuk meratakan koral sikatnya.

6. Tunggu Setengah Kering, setelah beberapa bagian koral tertempel kemudian koral sikat hampir kering, bersihkan koral sikat dengan dengan cara menyikat koral yang menempel sampai bersih atau sampai tidak ada semen yang menempel. ingat jangan terlalu keras menyikatnya karena akan menyebabkan beberapa dari koral hias terlepas, karena jika terlepas maka akan susah mengembalikannya.

7. Bersihkan Permukaan,  setelah semua koral dengan motif terpasang sebagai lantai carport, lantai teras, lantai halamam atau lantai tangga kemudian lap seluruh permukaan koral sikat dengan dengan menggunakan lap basah agar warna dari koral tersebut bisa tampak lebih indah atau alami.

8. Coating, coating sendiri berfungsi untuk memunculkan warna alami dari batu dan menjaga permukaan batu alam bisa awet dan tahan terhadap lumut serta debu.

Tips Membersihkan Koral Sikat yang Terpasang

Merawat batu alam baik batu andesit, batu palm, batu templek, batu palimanan maupun batu koral terutama jika di tempatkan pada bagian eksterior ruangan tidaklah sulit untuk merawatnya karena pada musim panas lumut akan hilang dengan sendirinya sementara jika hujan, air hujan tersebut akan membersihkan debu dan kotoran yang menempel pada permukaan batu koral atau batu alam.

Anda Berminat untuk memasang jenis koral sikat dirumah, Hunian, Bangunan atau Kantor anda? Segera Hubungi Gunawan 082231106100 atau bisa langsung datang ke pabrik kami untuk konsultasi.

 

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply